Disini saya akan membahas tentang keburukan struktur organisasi staff / garis dan fungsional:
Awalnya kita harus mengetahui organisasi itu apa ?
Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. bahkan keluarga pun termasuk organisasi. kita telah ikut dalam organisasi tanpa kita sadari
Struktur organisasi ini sangat penting peranannya, karena :
1. Menggambarkan kedudukan/posisi seseorang dalam organisasi tersebut
2. Mengatur hubungan masing-masing anggota dalam tingkatannya
3. Bagi karyawan bisa menjadi motivasi untuk bisa meraih jabatan yang lebih tinggi
Dan ini merupakan jenis-jenis struktur orgasnisasi :
• Struktur Organisasi Garis mengenal suatu komando, sehingga tiap-tiap pekerjaan dalam organisasi hanya mengenal satu pemimpin. Dengan demikian ketegasan dalam perintah dan disiplin lebih terjamin.
• Struktur Organisasi Fungsional memanfaatkan tenaga ahli di dalam bidang khusus semaksimal mungkin, sehingga seorang pekerja dapat saja diperintah oleh lebih dari satu atasan sesuai dengan keahliannya.
• Sedangkan Struktur Organisasi Staff adalah perpaduan antara struktur organisasi garis dengan struktur organisasi fungsional dengan bantuan staff. Staff adalah tenaga ahli yang bertugas memberikan pertimbangan dan nasehat sesuai dengan keahliannya.
Keburukan dari point-point diatas adalah :
– Keburukan pada Struktur Organisasi Garis :
Pimpinan organisasi cenderung bertindak otoriter, karena organisasi dipandang milik pribadi, dan Kesempatan bagi para anggota organisasi untuk mengembangkan spesialisasinya sangat terbatas.
– Keburukan pada Struktur Organisasi Fungsional:
Menekankan pada rutinitas tugas — kurang memperhatikan aspek strategis jangka panjang Menumbuhkan perspektif fungsional yang sempit.
– Keburukan pada Struktur Organisasi Staff:
Adanya kemungkinan pimpinan staf melampaui batas kewenangannya, dan Perintah lini dan perintah staf sering membingungkan anggota organisasi karena kedua jenis hirarki sering tidak seirama dalam memandang sesuatu.