Tanggapan film I Robot yang dikaitkan dengan interaksi manusia dengan komputer :
Dalam ceritanya, terdapat human error dalam pembuatan robot NS5, dimana robot-robot tersebut diciptakan untuk melanggar hukum-hukum yang telah ditetapkan. Sehingga munculah robot-robot perusak profesional yang sangat tidak patuh pada manusia. Untuk memperbaiki system tersebut, VIKI harus dihancurkan, dan cairan nanite harus disuntikan ke otaknya. Memang di film ini tingkat teknologinya sangat mengesankan dan mengagumkan karena perkembangan pemikiran manusia sudah sangat maju seperti sudah bisa menciptakan Robot, menciptakan sistem VIKI atau sebagai otaknya para robot tsb.

awalnya robot-robot tersebut itu dibuat mempunyai aturan yaitu :
> Robot tidak bolehkan untuk membunuh manusia ataupun mengajak manusia berbuat kejahatan.
> Robot juga harus selalu patuh kepada atasanya atau user sebagai orang yang memesannya, selama perintah yang diberikan tidak menyalahi aturan yang pertama
> Robot harus melindungi keberadaannya sendiri selama perlindungan tersebut tidak bertentangan dengan aturan pertama dan kedua.
Aturan-aturan tersebut bisa kita anggap sebagai batasan-batasan atau suatu kondisi agar sang robot tidak melenceng dari tujuan utamanya. Robot pada film ini menggunakan kecerdasan buatan yaitu agar robot dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia tetapi tetap saja belum sempurna seperti manusia sendiri.ini bisa berdampak positif dan negatif bagi kehidupan manusia di dunia, tetapi secerdas-cerdasnya robot(komputer) yang telah diciptakan tetap saja manusia yang menciptakannya yang lebih cerdas.

Sudut pandang film tersebut dalam interaksi manusia dan komputer yaitu kecanggihan teknologi dimana tahun 2035 memiliki 1000 robot yang terdiri rangkaian hardware, software dan brainware seperti manusia bahkan diprogram yang hampir mirip dengan manusia, yaitu memiliki panca indera. Tidak ada keterbatasannya interaksi antara manusia dan komputer dengan manusia dan benda mati.

Komentar tentang film “I,ROBOT” dalam hubungan interaksi manusia & komputer
Adanya perkembangan dunia teknologi yang canggih, samapai semua kehidupan itu ditonjolkan kecanggihan teknologi sendri. Robot dapat mengerti bahasa manusia, apapun yang diperintahkan anusia (majikan/ atasan) akan dimengerti oleh Robot karena memiliki fungsi yang hampir menyerupai manusia yaitu panca indera terutama di brain. Sehingga robot menjadi suatu kebutuhan manusia baik dalam rumah tangga, bisnis, militer, bahkan di bidang olahraga. teknologi robot dan system digital yang diciptakan oleh manusia bisa sangat membantu mempermudah pekerjaan manusia. Kita bisa lihat baca sendiri disini terlihat banget jika manusia sangat menggandalkan robot hampir dalam semua pekerjaan, sehingga mengurangi manusia saling berinteraksi sehingga berkurang rasa saling ketergantungan manusia dan menambah ketergantungan manusia sama robot.

Tetapi di sisi lain kita dapat memetik sebuah pelajaran tentang film ini, agar kita tidak boleh merasa ketergantungan terhadap robot karena robot hanyalah mesin buatan manusia sendiri yang masih belum terlalu sempurna masih banyak memiliki kekurangan yang sangat signifikan . Maka dari itu kita yang harus mengendalikan mereka, bukan komputer yang bekerja sendiri dengannya agar tidak berakibat fatal jika robot dikendalikan oleh komputer.