Sudah sering kita dengar dan kita lihat betapa maraknya KKN atau sering disebut juga korupsi kolusi nepotisme. Yang saya akan bahas, adalah tentang korupsi adalah pengambilan dana negara yang tadinya untuk masyarakat tetapi diambil alih oleh para pejabat-pejabat sendiri. Sejujurnya kita sebagai sudah muak dengan korupsi yang terjadi di negara indonesia sendiri yang tidak ada hentinya, dari tahun ke tahun nilai korupsi indonesia selalu bertambah padahal pada masa jabatan presiden SBY itu sudah dibuat sebuah badan anti korupsi atau disebut KPK. Tetapi para koruptor selalu saja tidak sadar akan sikapnya yang merugikan negaranya sendiri, tapi apa yang bisa kita lakukan dan perbuat,kita hnaya bisa melihat dari tv dan membaca di surat kabar. Mungkin untuk memberantas korupsi kita harus benar-benar dengan langkah-langkah cerdas, rasional dan berjuang maksimal dalam menemukan kerangka hukum yang kuat. Korupsi harus ditangani dengan ketegangan yang tinggi dan pilihannya menjadi baik atau tertangkap dan fatal bagi keluarganya. Selama persepsi bahwa kalau ketangkap sial saja dan semuanya bisa diatur kembali dengan membagi hasil korupsi kepada piahak berwajib agar mandapat keringanan hukuman tapi itu tidak semua pihak berwajib seperti itu. Apalagi penahananya pun dibeda bedakan serta menjadi bahan pembicaraan tersendiri yang membuat keraguan masyarakat, tentang kesungguhan pemberantasan korupsi itu sendiri.untuk itu mari , kita melihat bahwa pemberatasan korupsi ini adalah pintu bangsa Indonesia untuk mencapai cita cita bersamanya sehingga tidak ada pilihan lainnya kalau mau mundur dan berpendapat masih banyak jalan lain menuju Indonesia yang lebih baik.

Coba jika kita bayangkan jika korupsi sudah ilang atau sudah tidak menjadi budaya yang selalu dilakukan oleh pejabat-pejabat negara indonesia, pastinya negara kita sudah bisa maju lebih jauh dari negara tetangga kita dan kehidupan seluruh masyarakt tentram dan aman. Dan dapat mengurangi tingkat kemiskinan masyarakat di negara kita yang sekarang negara ini bisa dibilang masuk top 10 negara yang kehidupan masyarakatnya itu dibawah kemiskinan. Betapa malunya kita sebagai neagara indoneesia yang sering disebut negra yang kaya akan hasil alamnya tetapi dicap oleh para negara maju itu negara miskin dikarenakan tingkat korupsi yang sangat tinggi. Inilah akibatnya jika korupsi terus saja berkembang.

Sekarang lebih baik kita meningkaktkan semangat dalam memberantas korupsi dalam kerangka menyelamatkan semuanya bukan karena hal lainnya. Dan keadaan indonesia tanpa korupsi adalah pengangguran berkurang, tindak kejahatan juga ikut berkurang, kesejahteraan rakyat terjamin dan lain-lain .