Kenapa mahasiswa sering banget terlambat datang ke kampus terutama untuk perkuliah di pagi hari, mungkin faktor utamanya adalah kesiangan mereka bangun dikarenakan banyak faktor seperti :
# mereka tidurnya terlalu larut atau begadang sampe pagi. Faktor penyebab tidur larut malam, seperti :
– Nonton televisi.
– Nonton dvd.
– Nongkrong bareng teman-teman.
– Insomnia.
– Telephone atau sms dengan teman atau pacar.
– Mengerjakan tugas kuliah.
– Bermain game offline atau online.
– Browsing internet atau surfing di situs pertemanan.
# Macet lalu lintas
# Malas, dan
– Malas bangun terlalu cepat.
– Meremehkan waktu atau santai aja .
# mengalami gangguan tidur atau kalau tidur tidak mengalami kepulasan atau kenikmatan.
Tips n’ trick untuk mengatasi susahnya tidur atau gangguan untuk tidur :
• Jauhi minuman kafein dan nikotin yang dapat mengganggu tidur.
• Hindari permainan komputer sebelum tidur.
• Hindari berdebat dengan remaja sebelum tidur.
• Hindari tidur dengan sinar komputer atau TV yang berkelap-kelip di kamarnya.
• Hindari cahaya terang di malam hari sebaiknya matikan lampunya saat tidur yang akan mempercepat produksi hormon melatonin
• Biarkan remaja tidur pada akhir pekan, tetapi tidak lebih dari 2 atau 3 jam agar tidak mengganggu jam tubuh mereka.
berikut ini ada 4 trik mengatasi malas saat bangun pagi !
Gerakan yang tepat di pagi hari akan membuat Anda fokus, bersemangat dan tampak positif meski rutinitas sehari-hari cukup melelahkan.
1. Lihatlah Sesuatu Yang Berwarna
“Ketika mata Anda terbuka dan melihat sesuatu yang berwarna, adrenalin akan terpicu dan seketika itu pula energi Anda akan terdorong,” ujar Leatrice Eiseman, direktur eksekutif dari Pantone Color Institute.
Gunakan warna-warna cerah seperti merah, orange atau kuning pada bantal, selimut atau apapun yang berada dekat area kasur ketika Anda membuka mata untuk pertama kalinya.
2. Bangun dan Lihatlah Bunga Mawar
“Melihat sekuntum bunga mawar ketika terbangun, terutama bagi wanita akan meningkatkan mood dan semangatnya yang akan bertahan sepanjang hari,” ujar Nancy Etcoff, PhD, anggota Harvard Medical School and the Harvard University Mind/Brain/Behavior Initiative.
3. Berhenti Memencet Tombol ‘Snooze’ di Alarm Anda
“Ketika Anda menekan tombol snooze, otak Anda tahu dan akan berkata bahwa bunyi itu akan mati beberapa menit lagi, sehingga Anda akan tertidur lebih pulas. Tapi itu juga artinya Anda akan lebih capek mendengar bunyi itu daripada ketika mendengar bunyi itu pertama kalinya.
“Strategi yang paling tepat adalah menyetel alarm pada jam dimana Anda benar-benar akan bangun, tidak usah menyetelnya lebih awal karena Anda tahu hal itu hanya akan membuat Anda lebih sering menekan tombol snooze,” ujar Jodi Mindell, PhD dari The Sleep Disorders Center at the Children’s Hospital of Philadelphia.
4. Gambarkan Harimu Sejenak
Ketika Anda benar-benar terbangun, tutup mata sejenak dan gambarkan apa yang akan Anda kerjakan pada hari itu dengan penuh semangat dan positif. “Berimajinasi tentang aktivitas selanjutnya akan merangsang otak untuk berpikir dan Anda akan berusaha mewujudkannya ketika benar-benar beraktivitas,” ujar Dana Lightman, PhD, psikolog dai Abington, PA.