Oktober 24, 2010
Disini saya akan membahas tentang soft skills adalah Ketrampilan (skills) seseorang dalam :
• berhubungan dengan orang lain (INTERPERSONAL SKILLS), dan
• mengatur dirinya sendiri (INTRA-PERSONAL SKILLS)
Modal sukses
• Kompetensi akademik (teknis , hard skills) 20%
• Kompetensi non akademik (soft skills) 80%
Hard skills adalah penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan ketrampilan teknis yang berhubungan dengan bidang ilmunya.
Insinyur mesin menguasai ilmu dan teknik permesinan, Seorang pedagang menguasai Ilmu menjual, Seorang pemain sepak bola menguasai teknik sepak bola, Seorang penyair dia handal dalam merangkai kata-kata yang indah. Setiap profesi mempunyai hardskill yang khusus, juga softskills merupakan kemampuan yang harus dimiliki di setiap profesi kalau tidak kaku.
Beberpa softskill yang melekat di dalam diri manusia masing-masing walau mereka tidak menyadarinya, seperti :
1.Inisiatif
Inisiatif adalah salah satu tema pernyataan yang saat ini sedang saya alamatkan kepada diri sendiri. Inisiatif dekat hubungannya dengan kepeloporan. Para pelopor adalah pribadi-pribadi yang memiliki kekuatan inisiatif kerja yang menembus ruang-ruang waktu.Inisiator seringkali mengawali kerjanya dari kritik terhadap realitas.
2. Kemauan
Kemauan” adalah kata kunci dari segala sukses Punya bakat dan ilmu tidak akan membuat kita sukses. Keinginan harus disertai dengan tindakan untuk mewujudkannya. Bukan hanya sekedar ingin tetapi harus mau dan berusaha memperjuangkannya. Tapi bisa kita arti kan juga suatu kata hati yang keras dan memiliki kekuatan bathin dari semua tubuh kita.
3. Motivasi
sebuah alasan atau dorongan seseorang untuk bertindak. Alasan atau dorongan itu bisa datang dari luar maupun dari dalam diri. Sebenarnya pada dasarnya semua motivasi itu datang dari dalam diri, faktor luar hanyalah pemicu munculnya motivasi tersebut.
4. Kreativitas
proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau konsep baru, atau hubungan baru antara gagasan dan konsep yang sudah ada.
5. Komunikasi
suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya.

6. Mandiri
melakukan perencanaan hidup dengan baik, bertanggung jawab, dgn sadar akan resiko setiap melakukan sesuatu, dan tanpa campur tangan orang lain. Mandiri juga berarti mengetahui dan memahami mana yang benar dan yang salah, jadi bisa menentukan sikap dengan berlandaskan pemikiran dan pengetahuan sendiri, tanpa *dibumbui atau dipengaruhi* orang lain.
7. Integritas diri
Suatu pemahaman tentang terwujudnya perkembangan yang seimbang dan sinergis atas berbagai dimensi diri.
Terwujudnya perkembangan diri pribadi secara utuh, tanpa satu pun aspek atau dimensi yang terabaikan.
Adanya perhatian yang seimbang, tepat dan proporsional terhadap semua dimensi diri.
8. Disiplin
kepatuhan untuk menghormati dan melaksanakan suatu sistem yang mengharuskan orang untuk tunduk kepada keputusan, perintah dan peraturan yang berlaku. Dengan kata lain, disiplin adalah sikap menaati peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan tanpa pamrih. Untuk sikap yang satu ini buat diri saya belum terlalu kuat karen saya sadarmasih sering suka kurang bisa manfaatkan waktu. Ada beberapa karakter yang dapat dibentuk berkat Disiplin:
1. Lebih bertanggung jawab,
2. Lebih tegar dalam menghadapi segala situasi kondisi
3. Lebih menghargai orang lain dan waktu.
4. Tidak mudah berputus asa (menyerah)
5. Melatih kejujuran
Masih banyak lagi macam-macam softskill lainnya, insya allah jika kita telah memiliki softskill yang ada di atas tersebut lebih berhasil, lebih berfungsi sebagai anggota keluarga, komunitas, dan dunia kerja. Dan nilai-nilai diatas juga sebagian softskill yag mungkin melekat di diri saya.