SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS SMA DI KOTAMADYA BOGOR

 oleh :

Muhamad Ramadani Silatama (11108291)

Narendra Paskarona (11108406)

Ary Wahyudi (10108296)

Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma

Jl. Margonda Raya, 100, Pondok Cina, Depok

 

 

ABSTRAK

Penulisan ini akan membahas tentang system informasi penyebaran sekolah di Kota Bogor yang berbasiskan web berdasarkan data-data yang telah didapat. Pembuatan webGIS ini menggunakan Mapserver, Arcview, MySQL sebagai database-nya dan Chameleon sebagai framework-nya.Sedangkan bahasa pemrograman yang digunakan adalah HTML, PHP dan CSS. Hasil aplikasi yang sudah diuji coba kepada 10 kuesioner mengatakan bahwa aplikasi ini dapat memberikan informasi yang baik untuk masyarakat untuk mencasi lokasi SMA di Kota Bogor.

 

Kata Kunci: Sistem Informasi Geografis, Arcview, Mapserver, SMA, Framework Chameleon.

 

 

PENDAHULUAN

Pemanfaatan internet dikalangan masyarakat sudang sangat berkembang pesat. Setiap pengguna internet dapat berpartisipasi setiap waktu dan manfaatnya dapat dirasakan oleh berbagai kalangan di bidang perbankan, geografis, indutri bahkan di bidang pendidikan. Pemanfaatan internet juga terasa di bidang geografis, pada pemanfaatannya juga digunakan sebagai penyebaran informasi untuk mengetahui letak wilayah suatu Negara, kota maupun daerah. Penyebaran informasi di bidang geografis juga bermanfaat pada bidang pendidikan yang menggunakan informasi pemetaan (geografis) untuk penyebaran informasi secara rinci mengenai letak sarana pendidikan.

Banyak sekali aplikasi–aplikasi yang dapat ditangani oleh sistem informasi geografis, di antaranya adalah pada bidang pendidikan. Peristiwa yang dapat diteliti dengan dasar SIG adalah daerah peneyebaran sarana pendidikan formal di kota Bogor. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa penyebaran sarana pendidikan di kota bogor tersebar sehingga menyulitkan masyarakat yang ingin mengetahui lokasi sarana pendidikan tersebut.

Oleh karena itu diperlukan pemetaan yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan dan memudahkan masyarakat untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan mengenai penyebaran sarana pendidikan di kota Bogor.

Tujuan dari penelitian ini adalah membuat suatu SIG berbasis web untuk sarana pendidikan terutama untuk SMA di Kota Bogor. SIG ini diharapkan dapat digunakan sebagai media penyedia informasi ke masyarakat melalui internet dan membantu serta memudahkan mengetahui informasi penyebaran SMA dan sederajat di Kota Bogor.

 

selengkapnya : klik disini